Membuat Bubuk Cabe Sendiri, Yuk



membuat bubuk cabe sendiri

Membuat Bubuk Cabe Sendiri -- Ada pepatah nih. Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga. Arti gampangnya, seorang anak nggak bakal jauh beda dari orangtuanya.
Tapi … nggak selalu juga, sih. Di rumahku, misalnya. Aku nggak suka makan pedas. Hm … kombinasi antara nggak suka dan nggak bisa, tepatnya. Perutku nggak kuat makan yang pedas-pedas.

Eh, anak sulungku suka banget makan pedas. Saking sukanya, jadi sering kuingatkan untuk mengurangi kesukaannya itu.

Masakan Pedas di Rumah

Meski aku sendiri nggak makan pedas kecuali secolek doang, bukan berati di rumah  nggak ada cabe. Kadang-kadang aku masak pedas juga. Pedas ala-ala doang sih.
Nah, karena jarang masak pedas, beli cabe sedikit pun sering nggak abis sampai lama. Sampai si cabe itu mengering, atau malah busuk. Sayang banget kan. Sedih rasanya kalau sampai mesti membuang cabe-cabe itu.
Kemarin juga kejadiannya begitu. Akhirnya, supaya nggak malah mubazir, aku putuskan untuk mengubah cabe-cabe merah itu menjadi bubuk cabe aja. Kalau udah berbentuk bubuk kering, cabe akan jauh lebih tahan lama meski tanpa pengawet.
Pengennya sih seperti Bon Cabe level 3 . Nggak cuma pedas tapi juga ada rasa asin gurihnya.


Membuat Bubuk Cabe

Gampang banget bikin bubuk cabe ini.

Bahan Bubuk Cabe


  • Cabe merah dipotong-potong kasar. Nggak dipotong juga nggak apa-apa sih. Bebas aja. Aku memotong-memotong begini supaya nantinya lebih gampang dihaluskan. Lagi pula toh cabenya nggak banyak. Hehe…. Tangan pedes juga kali kalo cabenya banyak. 

  • Aku pakai cabe rawit juga. Cabe rawit ini bonus tiap kali membeli gorengan. Lama-lama jadi banyak juga tanpa ada yang mau memakannya. Kan sayang kalau dibuang.

  • Bawang putih, diulek halus.

  • Sejumput garam.

Penggunaan bawang putih dan garam itu supaya ada rasa gurih-gurihnya. Aku pakai enam siung bawang putih untuk segenggam cabe merah dan 20an cabe rawit.
Eh bentar, bentar. Itu takarannya kok pake genggaman?
Ahahaha … maunya sih menggenggam tangan dan hatimu sampai ke surga nanti. Tolong aminkan ya pemirsah. 
Aku lupa nimbang beratnya berapa gram. Tapi segenggam tanganku itu kira-kira 15 buah cabe merah keriting. Pas bikinnya nggak ada niatan buat diposting di blog. Cuma pas kupamerin di FB eh …  ada beberapa teman yang nanya bikinnya gimana.
Nah iya. Bikinnya gimana? Hehe … gini, nih. 

Cara Membuat Bubuk Cabe

Semua bahan itu disangrai dengan api kecil, kemudian dhaluskan dengan menggunakan chopper. Saya melakukan proses ini sebanyak dua kali.
Hasilnya, cabe bubuk yang halus. Mirip-miriplah sama cabe bubuk yang dijual. Bedanya, yang ini aku tahu persis bahannya nggak pake pengawat, pewarna, dan perasa buatan. Alami.
Eh iya, pengeringannya boleh dengan cara dijemur di bawah sinar matahari? 
Boleh aja, cuma prosesnya akan lebih lama. Yang nggak boleh itu menjemur cabe di bawah tatapan matamu. 

bubuk cabe ala boncabe

Variasi Bubuk Cabe

Bahan-bahan di atas sangat bebas untuk divariasikan. Misalnya:
  • Cabe merah aja.
  • Cabe hijau aja.
  • Cabe rawit aja.
  • Cabe dicampur dengan ikan teri atau ebi.
  • Cabe dicampur kaldu udang bubuk atau kulit udang.
  • Bisa mencampur beberapa jenis cabe dalam satu resep (kali aja kan mau eksperimen). Bisa juga tanpa campuran apa-apa, baik campuran rasa rindu maupun perasaan ingin nampol.
Hasilnya enak. Alhamdulillah. Bisa dipakai untuk memasak, bisa juga untuk ditaburkan langsung di makanan.
Simpel banget, kan? Repotnya cuma sekali doang. Besok-besoknya urusan dapur jadi lebih cepat karen ada bubuk cabe home made siap pakai.
Semoga tulisan simpel yang ngelantur ke mana-mana ini bisa menginspirasi Teman-teman, ya. Sukur-sukur nih, produksi cabe yang berlimpah saat panen raya bisa diselamatkan dari membusuk sia-sia.

Cari ide buat masak apa? Coba cek resep-resep ini, ya:
1. Garang asem
2. Hidangan dari daging giling.
3. Makanan untuk yang diet.
4. Serba kepiting nan lezat.
5. Variasi hidangan dari cumi-cumi.

Salam Klontang-Klonteng
TR

Tidak ada komentar